RSS

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dengan Cepat ~ Panu dan kutil adalah merupakan jenis penyakit yang menyerang kulit. Beberapa cara mengobati panu dan kutil secara efektif bisa dicoba agar tidak semakin parah. Meskipun keduanya merupakan penyakit kulit tetapi panu dan kutil memiliki bentuk dan penampakan yang berbeda.
Menghilangkan Panu di Wajah
Menghilangkan Panu di Wajah
Panu adalah sejenis penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi jamur pada kulit. Tanda-tanda orang terkena panu adalah warna kulit yang berbeda dengan kulit tubuh lainnya. Biasanya panu akan berbentuk bulatan tak beraturan dan terletak pada lengan, punggung dan leher.

Sedangkan kutil adalah sejenis tumor jinak yang berbentuk benjolan kecil. Kutil itu sendiri adalah merupakan tumpukan kulit mati yang berlebihan sehingga membentuk benjolan, ada yang besar dan ada juga yang kecil. Agar lebih rinci kita akan membahasnya satu persatu.

Penyakit panu akan menyerang orang yang berada pada cuaca yang panas, meskipun ini merupakan penyakit kulit, tetapi sebenarnya panu tidak menular. Tapi sebaiknya kita tidak melakukan pemakaian pakaian atau handuk dengan orang yang memiliki panu. Hal ini untuk mengantisipasi agar kita tidak tertular. Karena jamur dapat dengan mudah menginfeksi seseorang apalagi jika orang tersebut tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik.


Cara Menghilangkan Panu di Wajah
Cara Menghilangkan Panu di Wajah
Pada dasarnya panu bisa disembuhkan dengan menggunakan salep atau cream pembunuh jamur penyebab panu. Beberapa faktor penyebab panu adalah:
  • Keadaan kulit yang terlalu lembab akibat keringat berlebih
  • Menggunakan pakaian sulit untuk menyerap keringat
  • Akibat gesekan paha, terutama orang yang mengalami kegemukan
  • Kurang menjaga kebersihan kulit

Pengobatan pada panu bisa menggunakan obat yang terbuat dari bahan alami seperti:


a) Bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa yang aktif untuk membunuh jamur dan bakteri. Sehingga bawang putih sering digunakan untuk obat jerawat dan obat sakit gigi. Menggunakan bawang putih untuk obat panu adalah dengan mengoleskan irisan bawang putih ke daerah kulit yang terdapat panu nya.

b) Lengkuas
Selain digunakan untuk bumbu masakan, ternyata lengkuas juga bisa menghilangkan panu secara efektif. Caranya adalah dengan menumbuk lengkuas hingga keluar airnya, kemudian tempelkan pada daerah kulit yang terkena panu.

c) Belerang atau sulfur
Saat ini ada banyak sekali produk perawatan kulit yang menggunakan ekstrak belerang untuk membasmi jamur dan bakteri pada kulit. Termasuk salah satu diantaranya adalah belerang dapat membasmi panu yang menempel pada kulit. Anda cukup mandi dengan menggunakan sabun belerang secara rutin setiap hari.
KUTIL
Sebelumnya sudah sedikit dibahas , bahwa kutil merupakan sejenis tumor jinak yang berasal dari tumpukan sel kulit mati hingga membesar, biasanya kutil tidak terasa sakit apabila dipegang, tapi lama-kelamaan akan berdarah apabila disentuh.

Kutil merupakan sebuah virus, yang menyerang kulit manusia. Penyakit kutil bisa menular pada bagian tubuh lainnya sehingga bisa jadi akan menyebar kemana-mana. Kutil juga bisa menulari orang lain karena melakukan kontak langsung. Oleh sebab itu jangan menggunakan peralatan mandi bergantian dengan orang yang sedang terserang kutil.

Meskipun kutil dikategorikan sebagai tumor jinak, tetapi jika tidak segera ditangani kutil bisa menjadi sejenis penyakit ganas dan mematikan. Karena bisa menyerang rahim, alat reproduksi dan leher rahim.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dan Cepat

Agar kutil tidak semakin menyebar ke bagian tubuh lainnya, anda harus memperhatikan beberapa point ini.

• Hindari menyikat, mencukur dan menjepit daerah kulit yang terdapat kutil.
• Jangan memegang kutil dengan memencetnya karena hal ini dapat membuat kutil luka dan mengeluarkan cairan atau darah yang justru akan menyebar ke bagian kulit lainnya.
• Apabila kutil berada pada jari anda, gunakan pemotong kuku yang berbeda untuk memotong kuku yang lainnya.
• Usahakan untuk selalu menjaga kelembaban kulit agar tidak berlebihan. Karena kutil akan tumbuh subuh didaerah kulit yang lembab.
• Apabila anda tidak sengaja menyentuh kutil, maka cucilah tangan anda menggunakan sabun antiseptic dengan air yang mengalir.

Bahan Herbal Alami Untuk Mengobati Panu dan  Kutil


1) Bawang putih dan Bawang merah
Kedua jenis bahan alami ini selain dapat digunakan untuk menjadi bumbu penyedap makanan, juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang terserang kutil. Karena didalamnya terdapat zat sulfur yang sangat efektif untuk membunuh virus penyebab kutil, selain itu dengan mengoleskan bawang putih atau bawang merah pada kutil juga dapat mengempeskan kulit yang meradang akibat kutil.

2) Lidah buaya atau aloe vera
Lidah buaya adalah jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan rambut, dan ternyata juga berguna untuk mengobati kutil. Cara penggunaanya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kutil

Demikian adalah beberapa cara mengobati panu dan kutil apabila penyakit kulit yang diderita sudah pada tahap yang serius sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang maksimal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar