RSS

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat adalah persoalan klasik yang banyak dialami oleh anak muda dan akan senantiasa dicari solusi dan cara menghilangkan jerawat dengan berbagai macam metode dan proses yang berbeda. Karena menurut penelitian yang dilakukan akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda pula. Di satu sisi seseorang akan merasa cocok dengan bahan tertentu untuk menghilangkan jerawatnya, akan tetapi di sisi lain tidak cocok untuk mengobati jerawat yang dialami oleh orang lain. Hal ini dikarenakan penyebab jerawat itu bermacam-macam dan tentunya membutuhkan solusi yang tepat dan berbeda satu sama lain.
Tentunya anda tak ingin timbul jerawat bukan ? untuk itu simak beberapa tips berikut mengenai cara untuk mencegah dan mengatasi timbulnya jerawat. Jerawat pada dasarnya timbul sebagai akibat dari kotoran yang tersumbat didalam pori-pori kulit. Pada keadaan tertentu bahkan dapat mengakibatkan peradangan dan rasa gatal yang berlebih sehingga perlu dilakukan penanganan secepatnya.
cara menghilangkan jerawat
ilustrasi jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah dan Cepat

Jerawat biasanya muncul pada seseorang dengan jenis kulit berminyak. walaupun tak menutup kemungkinan dapat terjadi pada jenis kulit normal maupun kulit kering. Beberapa penyebab timbulnya jerawat bisa dikarenakan faktor genetis ataupun bersifat hormonal, artinya bahwa pada usia puber, remaja akan memproduksi hormon pertumbuhan. Pada saat bersamaan produksi kelenjar minyak (sebum0 juga mengalami masa-masa aktif sehingga pada kondisi demikian perawatan wajah perlu dilakukan secara ekstra dan harus dijaga kebersihannya agar tidak timbul jerawat.
Faktor kedua adalah timbunan lemak berlebih. Itulah sebabnya seseorang yang memiliki kecenderungan kulit berminyak disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan berlemak seperti halnya kacang-kacangan dan santan. Hal ini akan berakibat buruk apabila dilanggar. Biasanya jerawat akan muncul dalam jumlah banyak apabila lemak yang tersumbat didalam lapisan pori-pori kulit tersebut tidak terangkat dengan sempurna.

Untuk menghilangkan jerawat ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan. Antara lain :

1. Menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan salah satu buah berwarna masam yang ternyata memiliki banyak manfaat selain untuk keperluan masakan. Buah ini mengandung banyak asam sitrat dan vitamin C yang berguna untuk melawan bakteri dan jamur yang menjadi potensi peradangan jerawat. Disamping itu jeruk nipis ternyata juga mengandung AHA yang berguna untuk menjaga kekencangan kulit. Jeruk nipis apabila digunakan untuk mengobati jerawat, biasanya akan terasa sedikit perih, namun hal ini merupakan sebuah proses dan tidak mengakibatkan efek samping berbahaya. Anda dapat mencobanya dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis pada wajah yang berjerawat.

2. Bahan alami penghilang jerawat dengan putih telur dan madu
Putih telur diperkaya dengan protein yang berguna untuk memberikan asupan nutrisi pada kulit. Perpaduan antara madu dan putih telur dapat memberikan efek positif mememerangi jerawat yang tumbuh di wajah. Kandungan mineral dan vitamin dalam madu dapat memberikan efek regenerasi secara cepat pada sel kulit. Gunakan campuran madu dan putih telur sebagai masker untuk mengatasi jerawat membandel anda.

3. Tumpas jerawatmu dengan masker bengkoang
Bengkoang selain digunakan sebagai bahan aktif untuk memutihkan dan mencerahkan warna kulit, juga sangat efektif untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Kotoran dan timbunan lemak dapat terangkat sempurna ketika anda menggunakan masker bengkoang sebagai terapi. Dengan rutin menggunakan masker bengkoang, tak hanya jerawat yang bisa lenyap. melainkan juga wajah bisa menjadi lebih kencang. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan minyak zaitun setelah masker bengkoang.

4. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya
Didalam lendir tanaman lidah buaya terdapat beberapa khasiat untuk perawatan wajah dan rambut. Caranya pun mudah, hanya tinggal menggosokkan secara perlahan lendir lidah buaya pada tiap helainya. Cuci terlebih dahulu dan belah menjadi dua. Pastikan setelah mengering, sisa olesan lendir lidah buaya untuk segera dibersihkan dengan air hangat.

5. Menghilangkan jerawat dengan rutin membersihkan wajah
Ini merupakan solusi untuk agar kulit wajah tak hanya terhindar dari jerawat. Tetapi juga untuk menjaga kebersihan dan penampilan secara menyeluruh. Membersihkan wajah setidaknya dilakukan sebelum tidur agar sisa make up dan partikel kotoran yang menempel dapat terangkat dan tidak terbawa ketika anda beristirahat di malam hari. Sebagaimana diketahui bahwa proses regenerasi sel terjadi pada malam hari. Usahakan apabila ada dana berlebih, gunakan minyak zaitun untuk menjaga wajah anda tetap cantik dan bugar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar